Rabu, 02 Juni 2010

TUGAS KDSI semester 2,sistem informasi: perusahaan farmasi

SOAL CERITA

Boehringer Ingelhiem adalah satu dari 20 perusahaan farmasi terbesar di dunia. Dengan pendapatan US$7.6 juta dan 32.000 pegawai di 60 negara, perusahaan ini memiliki beberapa segmen seperti manufaktur dan pemasaran obat, produk industri dan produk kesehatan hewan. Dengan ukuran yang begitu besar manajemen merasakan kesulitan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang mengalir. Makin besar perusahaan, makin lambat aliran informasi.

JAWABAN

  1. Menurut saya,kira kira usulan yang saya berikan mengenai kasus tersebut sehingga dapat menyelesaikan persoalan dari perusahaan tersebut adalah

Membuat konsep system informasi berbasis web atau database.Mungkin dengan cara ini perusahaan farmasi mudah mendapatkan informasi di seluruh cabang di dunia ini tanpa menyuruh orang / pegawai datang disetiap cabang perusahaan tersebut antara cabang perusahaan dengan pusat perusahaan. Sehingga Boehringer Ingelhiem dapat mengetahui informasi dan laporan-laporan manufaktur dan pemasaran obat, produk industri dan produk kesehatan hewan di setiap cabang perusahaan farmasi tersebut dengan mudah dan cepat. Dan dari setiap cabang perusahaan diseluruh dunia juga membuat data untuk laporan ke Boehringer Ingelhiem, kedua belah pihak bisa flashback informasi.

  1. perancangan system yang akan saya usulkan kepada perusahaan tersebut sehingga memudahkan perusahaan dapat mengontrol alur informasinya adalah;

Jika akan membuat perancangan system,kita tentukan inputnya terlebih dahulu agar lebih mudah, kemudian proses dan outputnya. Dan setidaknya memenuhi syarat -syarat sistem :

1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.

2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.

3. Adanya hubungan diantara elemen sistem.

4. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.

5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

Contoh perancangan system berbasis web:

Perusahaan FARMASI



Directur pusat

Oval: storageOval: Proses M / P

informasi

Perusahaan

Farmasi

Lap Acc

Proses proses

Text Box: •	Manunfaktur •	Pemasaran •	Produk •	Pegawai •	Lisensi Update update

Save update

Text Box: Data base perusahaan

3. Kesimpulan yang baik atas kasus tersebut adalah:

Dengan perancangan system tersebut, antara cabang perusahaan dan pusat perusahaan Boehringer Ingelhiem dapat flashback informasi dan laporan laporan manufaktur dan pemasaran obat, produk industri dan produk kesehatan hewan di setiap cabang perusahaan farmasi tersebut dengan mudah dan cepat. Jika akan ingin mengetahui daerah mana yg menjual hasil produk yg paling banyak dan jenis produknya apa. Dengan begitu Boehringer Ingelhiem dapat memperkirakan produk yg harus dikirimkan ke cabang perusahaan mana dengan tepat dan menghasilkan keuntungan dan informasi yg tepat guna.

Tidak ada komentar: